Pengertian Dasar Akuntansi

BAB 1

PENGERTIAN DASAR AKUNTANSI

Standar Kompetensi         : Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa.

Kompetensi Dasar            : Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.

Tujuan Pembelajaran        : Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :

1.   Mendefinisikan pengertian dasar akuntansi.

2.   Merumuskan kualitas informasi akuntansi

3.   Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi.

4.   Mengidentifikasi kegunaan informasi bagi masing-masing pemakai

5.   Mengidentifikasi macam-macam bidang spesifikasi akuntansi.

6.   Mengidentifikasi etika profesi akuntan.

Ringkasan Materi :

A. Pengertian dan Definisi Akuntansi

 

American Accounting Association (AAA) mendefinisikan akuntansi sebagai berikut :

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian serta pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut.

 

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

 

Akuntansi sebenarnya sudah ada sejak manusia itu mulai bisa menghitung dan membuat suatu catatan, yang pada awalnya dulu itu dengan menggunakan batu, kayu, bahkan daun menurut tingkat kebudayaan manusia waktu itu. Pada abad XV terjadilah perkembangan dan perluasan perdagangan oleh pedagang-pedagang Venesia. Perkembangan perdagangan ini menyebabkan orang waktu itu memerlukan suatu sistem pencatatan yang lebih baik, sehingga dengan demikian akuntansi juga mulai berkembang.

 

Setelah itu perkembangan akuntansi juga ditandai dengan adanya seorang yang bernama Lucas Pacioli pada tahun 1494, ahli matematika mengarang sebuah buku yang berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica, Proportioni et Propotionalita, di mana dalam suatu bab berjudul Tractatus de Computies et Scriptoris yang memperkenalkan dan mengajarkan sistem pembukuan berpasangan yang disebut juga dengan sistem kontinental.

Konsep Dasar Akuntansi

Konsep dasar akuntansi suatu konsep yang berlaku secara umum tentang suatu asumsi, anggapan, pandangan maupun pendapat dalam menyajikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Seperti konsep kesatuan usaha, konsep harga perolehan, konsep kesinambungan, dan sebagainya. Baiklah, untuk lebih jelasnya mari dilanjutkan beberapa contoh konsep dasar akuntansi.

1. Konsep Kesatuan Usaha

Dalam konsep kesatuan usaha ini, perusahaan merupakan suatu kesatuan ekonomi yang terpisah dari pihak yang berkepentingan dengan sumber perusahaan. Artinya keuangan perusahaan terpisah dari pemilik, terpisah dari keuangan karyawan dan terpisah pula dari keuangan pada direksi. Sehingga perusahaan dianggap sebagai satu kesatuan usaha.

2. Konsep Harga Perolehan

Artinya konsep ini adalah setiap transaksi pembelian satu barang harus dicatat sebesar harga perolehan tersebut. Contohnya, dibeli sebuah mesin seharga Rp. 9.500.000,00 sebelum operasi masih diperlukan biaya pemasangan Rp.
400.000,00 maka harga perolehan menjadi Rp. 9.900.000,00 (Rp.9.500.000,00 + Rp. 400.000,00). Sehingga nilai inilah yang dicatat dalam akuntansi. Harga perolehan adalah jumlah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh satu unit barang atau jasa dalam pertukaran sampai barang tersebut siap dipakai.

3. Konsep Kesinambungan

Perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya, tentunya berupaya untuk melaksanakan kegiatan perusahaan secara berkesinambungan atau terus menerus. Dalam proses usaha itu, senantiasa dibuat laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan yang disusun secara berkala dapat dibandingkan sehingga diperoleh informasi tentang kemajuan atau kemunduran usaha. Dengan membandingkan laporan keuangan dari satu periode dengan periode lainnya dapat diperoleh suatu data yang pasti tentang naik turunnya pendapatan dan beban, sebagai dasar dalam membuat suatu kebijaksanaan untuk kemajuan perusahaan.

4. Konsep Pengukuran dengan Uang

Pengukuran dengan nilai uang artinya seluruh informasi utama dalam laporan keuangan itu diukur dengan satuan ukur uang, karena uang sudah umum digunakan untuk mengukur aktiva, kewajiban perusahaan serta perubahannya.

5. Periode Akuntansi

Kegiatan perusahaan dipisahkan dalam periode-periode. Penyajian informasi berupa laporan keuangan dibuat secara berkala akan membantu pihak yang berkepentingan dalam mengambil suatu keputusan. Misalnya per tahun, triwulan atau semesteran.

6. Penetapan Beban dan Pendapatan

Penetapan beban dan pendapatan perusahaan diakui dalam periode yang bersangkutan, sehingga beban dan pendapatan yang terjadi benar-benar sudah direalisasi. Perhitungan laba/rugi yang dilaporkan menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam suatu periode tertentu.

B. Kualitas Informasi Akuntansi

Empat karakteristik kualitas informasi yang harus dimiliki akuntansi :

  1. Dapat Dipahami (Understandability)
  2. Relevan (Relevance)
  3. Dapat Diandalkan (Reliability)
  4. Dapat Dibandingkan (Comparbility)

 

Informasi keuangan yang disajikan akan bermanfaat tentunya bila memenuhi beberapa kriteria atau standar. Berikut ini beberapa kriteria kualitas informasi keuangan:

 

1. Releven

Relevansi suatu informasi harus dihubungkan dengan maksud penggunaannya. Bila informasi tidak relevan untuk keperluan para pengambilan suatu keputusan, maka informasi demikian tidak ada gunanya, betatapun kualitas lainnya terpenuhi. Oleh karena itu sehubungan dengan relevansi informasi tadi maka perlu dipilih metode pelaporan akuntansi keuangan yang tepat.

2. Dapat diuji

Pengukuran tidak dapat sepenuhnya lepas dari pertimbangan dan pendapat yang subjektif. Hal ini berhubungan dengan keterlibatan manusia dalam proses pengukuran dan penyajian informasi, sehingga proses pengukuran itu tidak lagi berlandaskan realitas objektif semata. Dengan demikian untuk meningkatkan manfaatnya informasi keuangan harus dapat diuji kebenarannya oleh para pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama.

3. Dapat dimengerti

Informasi yang disajikan harus dapat dimengerti oleh pemakainya dan dinyatakan dalam bentuk yang disesuaikan dengan pengertian para pemakai. Dalam hal ini pihak pemakai informasi juga diharapkan adanya pengertian atau pengetahuan mengenai aktivitas ekonomi perusahaan, proses akuntansi keuangan serta istilahistilah teknis yang digunakan dalam laporan keuangan.

4. Netral

Artinya laporan keuangan atau informasi keuangan itu diarahkan pada kepentingan umum dan tidak bergantung kepada kebutuhan pihak tertentu.

5. Tepat waktu

Informasi hendaknya diberikan sedini mungkin agar dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi.

6. Daya Banding

Informasi dalam laporan keuangan akan lebih berguna bila dapat dibandingkan dengan laporan keuangan sebelumnya dari perusahaan yang sama maupun dengan laporan keuangan perusahaan sejenis pada periode yang sama.

7. Lengkap

Informasi keuangan lengkap bila memenuhi enam tujuan kualitatif di atas dan dapat memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan. Standar itu menghendaki pengungkapan seluruh fakta keuangan yang penting dan penyajian fakta secara jelas agar tidak menyesatkan pemakainya.

 

C. Proses Kegiatan Akuntansi dan Kualitas Informasi Akuntansi

Proses Kegiatan Akuntansi, meliputi :

a.      Pengidentifikasi data,

b.      Pengukuran data

c.      Pelaporan Informasi

d.      Pengkomunikasian informasi

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan suatu proses yang berulang sehingga membentuk siklus.

 

Jadi siklus akuntansi (daur akuntansi = Accounting Cycle) adalah suatu proses yang dimulai dari membuat bukti-bukti sampai pada penyusunan laporan keuangan.

 

Siklus akuntansi digambarkan sebagai berikut :

 

 

 

 

Dicatat

JURNAL

PEMBALIK

 

JURNAL

 

 

Dibukukan / Posting

 

 

BUKU BESAR

JURNAL

PENUTUP

 

 

 

Dirangkum

 

 

JURNAL

PENYESUAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari gambar tersebut, jelas bahwa Neraca Lajur (Work Sheet) bukan merupakan bagian dari siklus akuntansi tetapi hanya merupakan alat bantu saja.

D. Manfaat  Kualitas Informasi Akuntansi :

  1. Pemakai Informasi AKuntansi :

Yaitu Pihak Intern dan Pihak Ekstern

Pihak Intern adalah pihak yang menyelenggarakan usaha atau disebut manajemen perusahaan.

Pihak Ekstern adalah pihak-pihak luar yang berkepentingan degan perusahaan, misalnya : investor, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok, pelanggan, pemerintah dan masyarakat.

 

  1. Manfaat Informasi Akuntansi :

Yaitu Pihak Manajemen dan Pihak Eksternal.

  1. Manajemen membutuhkan informasi akuntansi untuki melakukan pengendalian, koordinasi dan perencanaan.
  2. Pihak Eksternal yang mempunyai kaitan langsung dengan perusahaan.

Yaitu : Pemilik, Kreditor, Pelangggan, Karyawan, Masyarakat umum, dan Pemerintah.

 

Kegunaan informasi bagi masing-masing pemakai :

Pemilik : untuk menentukan sikap apakah tetap memegang saham atau melepaskannya.

Kreditor : untuk memutuskan apakah kredit kepada perusahaan dapat diperpanjang atau diperbesar.

Pelanggan (customer) : untuk mengevaluasi hubungna usaha dengan perusahaan.

Karyawan : untuk mengetahui hak-hak apa yang dapat diperoleh dari perusahaan.

Masyarakat : untuk aspek umum dan social perusahaan.

Pemerintah : memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya, menetapkan kebijakan pajak, dan sebagai dasar penyusunan statistik pendapatan nasional.

 

 

E. Macam-macam bidang spesifikasi akuntansi.

Bidang disiplin akuntansi, yaitu :

a.      Akuntansi Keuangan,

b.      Akuntansi Pemeriksaan

c.      Akuntansi Biaya

d.      Akuntansi Manajemen

e.      Sistem Akuntansi

f.        Akuntansi Pajak

g.      Akuntansi Pemerintahan dan

h.      Akuntansi Anggaran

 

Penjelasan bidang-bidang khusus akuntansi :

a. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Akuntansi keuangan disebut juga Akuntansi Umum (General Accounting), yaitu akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan secara berkala yang berpedoman kepada prinsip akuntansi. Laporan keuangan itu bisa digunakan sebagai informasi intern maupun ekstern perusahaan.

b. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing Accounting)

Akuntansi pemeriksaan merupakan kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan keuangan atau akuntansi umum. Akuntansi publik melakukan pemeriksaan terhadap catatan-catatan yang mendukung laporan keuangan dengan menyatakan kelayakan dan dapat dipercayainya suatu laporan.

c. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Titik sentral dalam akuntansi manajemen adalah informasi untuk pihak-pihak di dalam perusahaan. Kegunaan akuntansi manajemen antara lain, mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan. Misalnya dalam hal penetapan harga jual, pembelajaan, metode produksi dan investasi. Bidang akuntansi ini juga mengolah masalah-masalah khusus yang dihadapi para manajer perusahaan dari berbagai jenjang organisasi dengan menggunakan data historis maupun data tafsiran.

 

d. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang menekankan kegiatan pada penetapan biaya dan kontrol atas biaya. Terutama yang berhubungan dengan biaya produksi suatu barang. Di samping itu salah satu fungsi utama akuntansi biaya adalah pengumpulan dan menganalisa data mengenai biaya, baik yang telah maupun yang akan terjadi untuk digunakan oleh pemimpin perusahaan sebagai alat kontrol atas kegiatan yang telah dilakukan serta alat untuk membuat rencana di masa mendatang.

 

e. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Bidang akuntansi perpajakan mencakup penyusunan surat pemberitahuan pajak serta mempertimbangkan konsekuensi perpajakan dari transaksi usaha yang direncanakan.

 

f. Akuntansi Anggaran (Budgeting Accounting)

Akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu di masa mendatang serta analisa dan pengontrolannya.

 

Profesi Akuntansi dalam pekerjaannya dibedakan sbb :

  1. Akuntan Publik ( Public Accountant)

Yaitu akuntan independen  yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu.

  1. Akuntan Pemerintah ( Goverment Accountant)

Yaitu akuntan yang bekerja pada badan-badan pemerintah.

  1. Akuntan Pendidik

Yaitu akuntan yang bekerja mengajar atau mendidik pada perguruan tinggi, baik negeri atau swasta.

  1. Akuntan Internal (Internal Accountant)

Yaitu akuntan yang bekerja dalam suatu unit organisasi atau perusahaan.

 

F. Etika Profesi Akuntan

Etika Profesi adalah seperangkat standar sikap yang dirancang secara praktis, realitis, dan idealis bagi para anggota profesi yang bersangkutan.

Ada enam prinsip etika profesi akuntan (Akuntan Publik), yaitu :

  1. Tanggung Jawab
  2. Kepentingan Publik
  3. Integritas
  4. Objektivitas dan Independensi
  5. Kecermatan dan Keseksamaan
  6. Lingkup dan Sifat jasa.

LEMBAR KERJA SISWA

SOAL-SOAL :

1.      Bahasa akuntansi sering digunakan sebagai . . . .

  1. alat komunikasi antara perusahaan dan pemiliknya.
  2. Alat komunikasi yang menyampaikan informasi penting.
  3. Alat komunikasi yang memerlukan informasi penting mengenai kegiatan-kegiatan dari suatu unit perusahaan kepada individu atau kelompok tertentu.
  4. Alat komunikasi bagi mereka yang berkepentingan bagi dunia usaha.
  5. Alat komunikasi antara pemilik perusahaan dan krediturnya.

 

2.      Pada tahun 1494, pertama kali dilakukan system pencatatan oleh seorang ahli matematikan dari Italia yaitu :

  1. Adam Smith                            d. Luca Pacioli
  2. Niswonger                               e. Raja William
  3. Muhammad Hatta

 

3.      Perusahaan yang termasuk golongan perusahaan jasa adalah . . . .

  1. Perusahaan angkutan
  2. Perusahaan mebel
  3. Perusahaan kertas
  4. Perusahaan mobil
  5. Perusahaan makanan

4.      Informasi keuangan disajikan perusahaan untuk pihak luar sebagai dasar . . . . . .

  1. penilaian perusahaan sejenis
  2. pertimbangan mereka dalam mengambil keputusan ekonomi
  3. pertimbangan dalam kehidupan dunia usaha
  4. pelaksanaan usaha mereka
  5. menentukan langkah dalam bersaing

5.      Kegunaan akuntansi secara umum adalah . . . . .

  1. sebagai perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan
  2. tidak menjadi patokan dalam dasar pembuatan keputusan bagi pimpinan perusahaan.
  3. Mengajarkan akuntansi kepada siapa saja yang memerlukan.
  4. Mengadakan penelitian dan pengawasan terhadap jalanya informasi.
  5. Mengelola jalannya proses produksi.

6.      Sistem pembukuan yang dipakai di Indonesia merupakan pengembangan dari system Eropa (kontinental0 ke system . . . . .

  1. Universal                                 d. nasional
  2. Regional                                  e. Anglo saxon
  3. Eropa Barat

 

7.      Seseorang yang memberikan jasa akuntan kepada perusahaan tetapi tidak perlu bekerja pada perusahaan tersebut, disebut . . . .

  1. akuntan pendidikan
  2. akunan publik
  3. akuntan manajemen
  4. akuntan pemerintahan
  5. akuntan pajak

 

8.      Akuntansi yang bertujuan memberikan informasi kepada pihak ekstern perusahaan disebut. . . . .

  1. akuntansi keuangan
  2. akuntansi perpajakan
  3. akuntansi pajak
  4. akuntansi manajemen
  5. akuntansi pemerintah

 

9.      Dibawah ini yang termasuk bidang pekerjaan akuntan publik adalah  . . . .

  1. melakukan penelitian dan pengembangan ilmu akuntansi.
  2. Menyusun laporan akuntansi bagi pimpinan perusahaan.
  3. Menyusun laporan akuntansi bagi pihak-pihak di luar perusahaan.
  4. Memeriksa laporan keuangan secara independent.
  5. Mengajarkan ilmu akuntansi kepada para mahasiswa di perguruan tinggi maupun swasta.

 

10.  Neraca perhitungan rugi laba dan bukti-bukti pembukuan harus disimpan perusahaan selam kurang lebih . . . .

  1. 5 tahun                                    d. 25 tahun
  2. 1 tahun                                    e. 20 tahun
  3. 10 tahun

 

11.  Proses pengidentifikasian adalah . . . .

  1. proses pencatatan                  d. proses pelaporan
  2. proses pengikhtisaran                        e. proses penginformasian
  3. proses pembuktian

 

12.  Dalam kehidupan dunia usaha, akuntansi sering disebut . . .

  1. tata buku                                 d. bahasa dunia usaha
  2. administrasi                            e. pembukuan
  3. kearsipan

 

13.  Orang atau perusahaan yang menanamkan modal pada perusahaan lain disebut . . .

  1. Infortir                                      d. investasi
  2. Investor                                   e. inventaris
  3. owner

 

14.  Yang tidak termasuk pemakai informasi akuntansi adalah . . .

  1. Pembeli                                   d. investor
  2. Pemerintah                             e. kreditur
  3. pemilik perusahaan

 

15.  Kegiatan akuntansi terbagi menjadi beberapa proses, yang paling akhir dilakukan adalah . . . .

  1. proses penyajian laporan keuangan
  2. proses pengikhtisaran
  3. proses pembuktian
  4. penggolongan /pengklasifikasian
  5. pencatatan /pengidentifikasian

 

16.  Akuntan yang kegiatannya melayani kepentingan masyarakat secara umum dalam menyelesaikan permasalahan administrasi keuangan suatu perusahaan disebut . . . .

  1. akuntan pemerintah
  2. akuntan publik
  3. akuntan ekstern
  4. akuntan pendidikan
  5. akuntan intern.

 

17.  Tugas akuntan pemerintah adalah melakukan . . . .

  1. pencatatan dan perhitungan biaya produksi
  2. pencatatan transaksi keuangan
  3. pengawasan dan pemeriksaan keuangan Negara
  4. memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa jasa akuntan.
  5. Menyampaikan ilmu akuntansi kepada masyarakat.

 

18.  Profesi yang tidak termasuk akuntan pendidikan adalah  . . . .

  1. guru akuntansi
  2. dosen akuntansi
  3. pengajar akuntansi
  4. instruktur akuntansi
  5. kepala bagian akuntansi

 

19.  Tujuan akhir suatu perusahaan melakukan kegiatan usahannya adalah . . .

  1. meningkatkan penjualan
  2. mencari langganan
  3. memproduksi suatu barang
  4. memperbesar perusahaannya
  5. memperoleh laba.

 

20.  Urutan Siklus Akuntansi yang benar adalah :

a.      Transaksi – jurnal – laporan – neraca – saldo – buku besar.

b.      Transaksi – jurnal – laporan – buku besar – neraca saldo

c.      Transaksi – buku besar – jurnal – neraca saldo – laporan

d.      Transaksi – jurnal – buku besar – neraca saldo – laporan *

e.      Transaksi – buku besar – jurnal – laporan – neraca saldo

21.  Seorang ahli matematika yang menulis buku dengan sub judul Tractatus de Computies et Scritoris adalah ….

b.      Adam Smith

c.      Lucas Pacioli

d.      J.B. Say

e.      David Ricardo

f.        Irning Fisher

 

22.  Suatu cabang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan secara berkala secara keseluruhan adalah ….

a.      akuntansi manajemen

b.      akuntansi biaya

c.      akuntansi pemeriksaan

d.      akuntansi pemerintahan

e.      akuntansi keuangan

 

23.  Ciri mendasar sistem akuntansi yang dikemukakan oleh Bapak akuntansi adalah

a.      berpasangan

b.      aritmatika

c.      Anglo Saxon

d.      Kontinental

e.      Tata Buku

 

24.  Yang dimaksud dengan sistem berpasangan adalah ….

a.      setiap transaksi dicatat dua kali

b.      Lucas Pacioli pencatatan dengan menggunakan tembusan

c.      pencatatan dengan menggunakan bentuk scontro

d.      pencatatan dengan menggunakan dua buku

e.      pencatatan transaksi ke dalam dua aspek, yaitu debet dan kredit.

 

25.  Akuntansi sering disebut sebagai bahasa dunia usaha karena ….

a.      istilah yang dipakai bernada bisnis

b.      menyangkut masalah keuangan

c.      hanya dipakai di dalam perusahaan

d.      dipakai hanya oleh pengusaha

e.      sebagai alat informasi perusahaan

 

26.  Pemakai akuntansi berikut ini yang termasuk pihak intern adalah ….

a.      karyawan

b.      pemilik perusahaan

c.      kreditur

d.      investor

e.      manager

 

27.  Kegunaan informasi akuntansi bagi calon kreditur adalah ….

a.      untuk mengetahui besarnya keuntungan perusahaan

b.      sebagai pertimbangan dalam menentukan modal

c.      untuk mengetahui pembagian laba-rugi para pemegang saham

d.      untuk mengetahui besarnya modal perusahaan

e.      sebagai pertimbangan dalam memberikan fasilitas kredit

 

28.  Cabang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas akuntansi umum disebut ….

a.      akuntansi keuangan

b.      akuntansi budget

c.      akuntasi biaya

d.      akuntansi perpajakan

e.      akuntansi pemeriksaan

 

29.  Kegunaan informasi akuntansi bagi calon investor adalah ….

a.      untuk mengetahui jumlah utang perusahaan

b.      untuk mengetahui perkembangan perusahaan

c.      sebagai pertimbangan dalam pemilikan saham

d.      sebagai pertimbangan dalam perhitungan pajak

e.      sebagai pertimbangan menetapkan rencana perusahaan

 

30.  Ketentuan yang mengatur tentang kewajiban perusahaan di Indonesia untuk menyelenggarakan pembukuan adalah ….

a.      KUHD pasal 5

b.      KUHD pasal 6

c.      KUHD pasal 7

d.      KUHD pasal 7 ayat 1

e.      KUHD pasal 8

31. Konsep dasar akuntansi yang menyatakan bahwa keuangan perusahaan harus terpisah dari keuangan pemilik, merupakan konsep….

a.   kesinambungan

b.   harga perolehan

c.   pengukuran dengan uang

d.   laporan keuangan

e.   kesatuan usaha

 

32. Tujuan utama dari akuntansi keuangan adalah untuk ….

a.   membuat bukti dari setiap transaksi

b.   mengikhtisarkan data ekonomis perusahaan

c.   mengadakan pencatatan dari setiap transaksi

d.   memberikan informasi keuangan yang ditujukan kepada pihak intern perusahaan

e.   memberikan informasi keuangan berupa laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak ekstern perusahaan

 

33. Perusahaan membeli sebuah kendaraan roda empat Rp. 45.000.000,00 dengan bea balik nama Rp. 4.000.000,00 sehingga perusahaan mencatat harga Rp. 44.000.000,00. Konsep yang digunakan adalah ….

a.   kesinambungan

b.   harga perolehan

c.   pengukuran dengan uang

d.   laporan keuangan

e.   kesatuan usaha

 

34. Barang-barang yang digunakan untuk kegiatan usaha dan diperkirakan habis dipakai dalam setahun adalah ….

a.   persediaan barang

b.   peralatan

c.   perlengkapan

d.   mesin-mesin

e.   computer dan mesin tik

 

35. Perhatikan pernyataan berikut ini dengan baik!
1. Mudah disesuaikan
2. Dapat dimengerti
3. Relevan
4. Dapat diuji
5. Netral
6. Kosisten

Yang termasuk kriteria dari kualitas informasi keuangan adalah ….

a.      1,2,3

b.      1,3,4

c.      2,3,4

d.      2,4,6

e.      2,3,5

 

36. Laporan yang menggambarkan tentang posisi keuangan pada suatu periode berupa harta, utang dan modal pemilik disebut ….

a.   laporan laba rugi

b.   laporan perubahan modal

c.   laporan neraca

d.   laporan arus kas

e.   laporan perubahan posisi keuangan

37. Tahap pencatatan dalam kegiatan akuntansi adalah . . . .

a.   neraca saldo, neraca lajur, laporan keuangan

b.   buku besar, neraca saldo, jurnal penutup

c.   bukti transaksi, jurnal, buku besar  *

d.   jurnal, buku besar, neraca saldo

e.   neraca saldo, ayat penyesuaian, laporan keuangan

 

38. Dibawah ini merupakan ciri-ciri akuntansi, antara lain . . . .

a.   mudah dilaksanakan dan terjamin kerahasiaannya

b.   murah pembiayaannya dan terjamin kerahasiaannya

c.   menjamin pengawasan dan menimbulkan swadaya

d.   menimbulkan swadaya dan murah pembiayaannya

e.   menjamin kerahasiaannya dan murah pembiayaannya.

 

39. Setiap perusahaan di Indonesia wajib menyusun laporan keuangan, terutama . . . . .

a.   arus kas dan rekonsiliasi bank

b.   neraca dan arus kas

c.   neraca dan persediaan barang

d.   neraca dan perhitungan R/L

e.   laporan perubahan modah dan perhitungan R/L

 

40. Manfaat informasi akuntansi bagi investor ialah untuk  . . . .

a.   menentukan sikap terus memegang saham atau tidak

b.   memutuskan pemberian kredit

c.   mengetahui hak-hak yang diperoleh dari perusahaan.

d.   kepentingan hubungan perusahaan

e.   kepentingan keuangan.

Tulisan ini dipublikasikan di Materi Pelajaran SMA. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pengertian Dasar Akuntansi

  1. M. ALDAN berkata:

    thank u so much. ma kasih banyak atas pelajarannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s